Implementasi Model STAD Pada Mata Pelajaran IPA

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achivement Division) Pada Siswa Kelas IX Semester Genap MTs Wali Songo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021
FULL TEXT : full_text_pdf
ABSTRAK
Herlina Rufaida, S.Pd. 2021. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achivement Division) Pada Siswa Kelas IX Semester Genap MTs Wali Songo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Pembelajaran Kooperatif, Metode STAD
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkenalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model STAD berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX MTs Wali Songo Tahun Pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (72,22%), siklus II (83,33%), siklus III (88,89%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas IX MTs Wali Songo Kabupaten Madiun serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- MENELUSURI KADAR ALKOHOL DALAM TAPE DAN HUKUM KEHALALANNYA
- Peningkatan Ketuntasan Belajar Melalui Pengembangan LKS Kelas VIII MTs Wali Songo
- Penyebab Diare pada Anak, Gejala, dan Cara Mencegahnya
- Mengenal Penyakit Hepatitis, Ciri-Ciri, Cara Penularan, serta Langkah Pencegahannya
- Sakit Maag: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi hingga Obatnya
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :
Komentar :
![]() ![]() terima kasih bu |
Kembali ke Atas