• gambar
  • gambar
  • header
  • header

Selamat Datang di Website MTs dan MA Wali Songo. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MTs dan MA Wali Songo

NPSN : 20210743

Jl.Kali Buntung 122 Pucanganom Kebonsari Madiun


info@mts-mawalisongo.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 72775
Pengunjung : 30936
Hari ini : 27
Hits hari ini : 121
Member Online : 1
IP : 34.225.194.102
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Implementasi Model STAD Pada Mata Pelajaran IPA




Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif  Model STAD (Student Teams Achivement Division) Pada Siswa Kelas IX Semester Genap MTs Wali Songo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021

 

 

FULL TEXT : full_text_pdf

 

 

ABSTRAK

Herlina Rufaida, S.Pd. 2021. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achivement Division) Pada Siswa Kelas IX Semester Genap MTs Wali Songo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Pembelajaran Kooperatif, Metode STAD

 

 

Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkenalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model STAD berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX MTs Wali Songo Tahun Pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (72,22%), siklus II (83,33%), siklus III (88,89%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas IX MTs Wali Songo Kabupaten Madiun serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : Amru Ali MuTazim Zuhar -  [kamilasalsabila@gmail.com]  Tanggal : 10/10/2022
terima kasih bu


   Kembali ke Atas