• gambar
  • gambar
  • header
  • header

Selamat Datang di Website MTs dan MA Wali Songo. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MTs dan MA Wali Songo

NPSN : 20210743

Jl.Kali Buntung 122 Pucanganom Kebonsari Madiun


info@mts-mawalisongo.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 72786
Pengunjung : 30936
Hari ini : 27
Hits hari ini : 132
Member Online : 1
IP : 34.225.194.102
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Peningkatan Ketuntasan Belajar Melalui Pengembangan LKS Kelas VIII MTs Wali Songo




UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR TUNTAS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP MTS WALI SONGO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

 

FULL TEXT : pdf_lks 

 

 

ABSTRAK

Herlina Rufaida, S.Pd. 2020. Upaya Meningkatkan Belajar Tuntas Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Wali Songo Tahun Pelajaran 2019/2020

Kata kunci: Belajar Tuntas , Ilmu Pengetahuan Alam, LKS (Lembar Kerja Siswa)

 

Dalam proses belajar mengajar selalu ada siswa yang memerlukan bantuan, baik di dalam mencerna bahan pengajaran maupun dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajarnya. Pembelajaran remedial merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk membantu siswa yang terlambat dalam memahami materi pelajaran dalam pembelajaran untuk mencapai ketuntasan dalam belajar. Dalam pembelajaran remedial bantuan harus dilakukan secara intensif dengan cara melengkapi LKS (Lembar Kerja Siswa).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang bagaimana yang dapat mewujudkan belajar tuntas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MTs Wali Songo.

Penentuan sampel di dalam penelitian ini menggunakan subyek penelitian yaitu Kelas VIII  MTs Wali Songo jumlahnya 231 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan evaluasi (tes) untuk mengetahui ketuntasan belajar setelah pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan LKS (lembar Kerja Siswa) untuk remedial.

Hasil penelitian menunjukkan evaluasi siklus I 58,06%, siklus II 64,52% siklus III 74,19% setelah diadakan remedial prosentase ketuntasan belajar siklus I 67,74%, siklus II 74,19% siklus III 87,10%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar setelah diadakan kegiatan remedial pada tiap siklus.

Dari hasil analisis prosentase belajar siswa meningkat setelah pelaksanaan pembelajaran diadakan kegiatan remedial bagi siswa yang belum tuntas belajarnya dengan cara mengisi Lembar Kerja Siswa. Pengembangan Lembar Kerja Siswa yang dilaksanakan dengan Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan ketuntasan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MTs Wali Songo.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Masjid. 2005. Perencanaan Pembelajaran Pengembangan Standart Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anang Prasetyo. 2004. SAIN Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan. Jakarta: PT. Grasindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Teknis Pelaksanaan Classroom Action Research (CAR). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erna Nurwijayati. 2003. Studi Efektifitas LKS Secara Berkelompok dan Secara Individual Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kelas VIII Semester II SLTP I Pangkur kabupataen Ngawi. Penelitian tidak dipublikasikan. Skripsi: IKIP PGRI Madiun

Ischak S.W, Warji R. 1982. Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.

MGMP. 2006. LKS Biologi Kelas VIII Semester 2. Kabupaten Pacitan: Pacitan.

Nasution. 1987. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Bandung: Bina Aksara.

Rina Dwi Ratnawati Achmad. 2006. Ketuntasan Belajar Dengan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada Pokok Bahasan Segi Empat Kelas VIIII Di MTS Sabilith Thohirin Tahun Ajaran 2005/2006. Penelitian tidak dipublikasikan. Skripsi: IKIP PGRI Madiun.

Rini Widayanti. 2006. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mendapatkan Remedi dan Yang Tidak Mendapatkan Remedi Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas VIII Otomotif SMK Gamaliel I Tahu Pelajaran 2005/2006. Penelitian tidak dipublikasikan. Skripsi. IKIP PGRI Madiun.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. IKIP PGRI Madiun: Madiun.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas